Kisah Astronot Perempuan yang Tinggal 9 Bulan Lebih di Luar Angkasa

Bro, tau enggak kalo baru ini Astronaut Badan Aeronautika dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Peggy Whitson dan dua kru rekannya melakukan pendaratan parasut di Kazakhstan? pasti banyak yang belum tau.

Para astronot itu lama banget loh di luar angkasa. Hal itu mengakhiri total karier 665 hari di orbit dan mencatatkan rekor di Amerika Serikat.

Whitson mengakhiri masa tinggal sembilan bulan lebih di Stasiun Antariksa Internasional (International Space Station/ISS), laboratorium riset senilai USD 100 miliar yang terbang sekitar 400 kilometer di atas Bumi.

Walaupun lama di luar angkasa, tapi Whitson senang banget. Ahli biokimia itu malah merasa puas dengan kerjaannya walaupun jauh dari keluarga dan teman-temannya.

Kisah Astronot Perempuan yang Tinggal 9 Bulan Lebih di Luar Angkasa

Emang ngapain aja sih Whitson di luar angkasa? jadi Whitson dan rekannya melakukan eksperimen-eksperimen, termasuk studi mengenai jaringan paru dan sel-sel tulang berkanker.

Enggak cuma itu, Whitson juga menyelesaikan empat kali kegiatan di luar pesawat antariksa, menambah enam pesiar di luar angkasa yang sebelumnya dia lakukan, untuk mencatat rekor waktu terlama yang dihabiskan perempuan di luar pesawat antariksa.

Dua rekan kru yang meluncur dengan Whitson pada November sudah kembali ke Bumi tiga bulan lalu.

Jadi, Whitson tinggal di antariksa untuk mengisi kekosongan setelah Rusia mengurangi staf ISS dari tiga menjadi dua kosmonaut.

Ia kembali ke Bumi bersama dengan Jack Fischer, yang juga bekerja untuk National Aeronautics and Space Administration (NASA), dan kosmonaut Rusia Fyodor Yurchikhin, yang sudah berada di antariksa sejak Juni. Kapsul Soyuz kru Rusia mendarat di Kazakhstan pukul 21.21 EDT pada Sabtu.

Saat ini, dia ingin menghabiskan waktunya untuk bertemu dengan teman-teman dan keluarganya. Ya iyalah bro, dia kerjanya jauh banget! tapi kerjaan dan usahanya demi manusia di bumi patut dicontoh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *