Pemerintah Bantah Keluarkan Dana untuk Bebaskan 10 WNI di Kamboja

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri membantah mengeluarkan sejumlah uang untuk membebaskan 13 warga negara Indonesia (WNI) di Kamboja.

“Berita itu sama sekali tak benar dan pabrikasi. Mereka 100 persen bebas murni tanpa syarat. Bahkan KBRI mengeluarkan surat untuk ke-3 WNI tersebut bahwa mereka bebas, tak ada masalah hukum,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Kamboja, Pitono Purnomo, saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (29/5/2015).

Sebanyak 13 WNI yang ditahan di Kamboja bagian dari 23 WNI yang bekerja sebagai karyawan di perusahaan judiĀ pokerrepublik online di Kamboja. Mereka ditangkap atas tuduhan penggelapan sejumlah uang perusahaan.

Menurut Pitono, mereka yang sudah dibebaskan terbukti tidak memiliki sangkut paut dengan penggelapan itu. Karena pelaku penggelapan yang tidak lain teman mereka, Jeffry Sun.

Saat ini tersisa 10 WNI ditambah tersangka Jeffry yang sedang menjalani proses hukum di Kamboja. Mereka diperiksa karena terlibat dengan Jeffry atas tuduhan penggelapan uang Rp 2 miliar lebih milik perusahaan.

KBRI di Kamboja tengah memediasi kasus yang menyeret Jeffry. Pemerintah Indonesia sudah meminta sisa 10 WNI tersisa dilepas secara tanpa dikenai beban apa pun. Pemerintah juga sudah menyiapkan bantuan hukum untuk Jeffry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *